Hendrik Brocks Legenda Sepeda Indonesia Meninggal Dunia

Jakarta, Mimbarjurnalis.com – Pada tanggal 8 Maret 2023, Indonesia kehilangan satu legenda olahraga balap sepeda, yaitu Hendrik Brocks atau Hendra Gunawan. Almarhum meninggal dunia, Rabu (8/3/2923) pukul 14:35 WIB pada usia 80 tahun.

Dikabarkan oleh keponakannya dua hari terakhir, pria yang akrab disapa Ekih itu telah merasakan lemas.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman menyampaikan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya penerima penghargaan KONI Lifetime Achievement Award in Sport tersebut. Penghargaan tersebut diterimanya langsung dari Ketum KONI Pusat pada 2 Desember 2020.

“Hari ini masyarakat olahraga Indonesia kehilangan Patriot Olahraga Indonesia yang telah berhasil meraih prestasi, yang membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya Lagu Indonesia Raya pada Asian Games IV Tahun 1962 di Jakarta,” katanya.

Selaku Ketua Umum KONI Pusat, Marciano menyampaikan rasa duka cita yang mendalam. “Selamat Jalan Hendra Gunawan, prestasimu akan selalu dikenang dan perjuanganmu mengharumkan Indonesia melalui olahraga akan kami lanjutkan” tutup Marciano.

Semasa aktif, Hendrik Brocks merupakan atlet Indonesia yang meraih emas Asian Games IV 1962 di Jakarta. Pria asal Sukabumi kelahiran 27 Maret 1942 ini berhasil meraih tiga emas cabor balap sepeda pada nomor perorangan individual Road Race 190 kilometer, Tim Time Trial 100 kilometer dan Tim Roadrace 190 km. Kala itu pria keturunan Indonesia-Jerman berpostur 172 cm berusia 20 tahun.

Selain itu, Hendra Gunawan juga pelatih balap sepeda, yang mana salah satu muridnya dulu adalah Marciano Norman yang kini menjadi Ketum KONI Pusat. (red). Sumber: infopublik.id