Presiden Jokowi Lantik Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Jakarta, Mimbarjurnalis.com¬†–¬†Jenderal TNI Agus Subiyanto membacakan sumpah saat dilantik menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

“Kedua mengangkat Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Sekretaris Militer Laksda TNI Hersan.

“Ketiga keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak pelantikan pejabat sebagaimana diktum kedua. Ditetapkan di jakarta 22 November 2023,” sambungnya.

Kemudian acara dilanjutkan sumpah jabatan oleh Agus yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” Tambahnya.

Dalam upacara pengangkatan tersebut dihadiri sejumlah petinggi TNI, hingga beberapa menteri kabinet Indonesia maju seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara dan ditutup dengan pemutaran lagu Indonesia Raya.

Sebelumnya Komisi I DPR menyepakati Jenderal Agus Subiyanto, sebagai Panglima TNI baru, menggantikan Laksamana Yudo Margono. Keputusan ini disepakati setelah uji kelayakan dan uji panglima TNI yang digelar (13/11/2023).

Kemudian pada Rapat Paripurna DPR RI menyetujui laporan Komisi I DPR RI terkait pengangkatan Agus tersebut.

Sebelum menjadi Panglima Agus menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik Presiden Jokowi, Kamis (25/10/2023). Agus dilantik menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki usia pensiun.

Agus juga pernah menjabat sebagai Wakasad, selain itu ia juga menempati sejumlah jabatan strategis antara lain Dandim 0735 Surakarta, Danrem 061 Suryakancana, Danpaspamres, dan Pangdam III Siliwangi. Sum: CNBC Indonesia.