Pengukuhan Ikatan Alumni Universitas Andalas Kepulauan Riau: Momentum Sinergi dan Kontribusi Nyata

Mimbarjurnalis.com, Batam – Pengukuhan Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA UNAND) Kepulauan Riau dilaksanakan dengan khidmat di Golden Prawn. Acara yang berlangsung pada Kamis 23 mai 2023 dan di kukuhkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKA UNAND Dr. Apt. Rustian, S.Si., M.Kes, Sekretaris Jenderal IKA UNAND Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P.

Pengukuhan juga dihadiri ubernur Kepulauan Riau  yang diwakili oleh Kadis KP3A, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau,Waka Polda, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Rektor Universitas Andalas Dr.Efa Yonnedi, Rektor Universitas Nagoya Indonesia Dr. Susi Marni, SE., M.M, Rektor ITEBA Prof. Hairul Abral, BEM KM UNAND,UNIBA, perwakilan alumni berbagai Universitas berbagai kampus, perwakilan mahasiswa berbagai universitasserta instansi Pemerintah tingkat provinsi dan kota Batam. Juga kelihatan perwakilan dari instansi imigrasi, organisasi masyarakat Muhammadiyah, LPRI, Kamtibmas, Forum Osis SMA/K/MA sekota Batam serta puluhan wartawan dan media turut memeriahkan acara ini.

Dalam sambutannya, Ketua IKA UNAND Kepulauan Riau, Hendri, menekankan bahwa pengukuhan ini bukan sekadar seremoni belaka. “Pengukuhan IKA UNAND Kepri ini bukan hanya sekedar seremoni, tetapi merupakan awal dari tanggung jawab besar yang kami emban untuk membangun sinergi dan kontribusi nyata bagi kemajuan Kepulauan Riau. Jangan sampai hari ini pengukuhan dan ketemu di sampai pengukuhan berikutnya. Tapi saya yakin dengan kepengurusan hari ini banyak generasi muda IKA UNAND Kepri,” ujar Hendri dengan penuh semangat.

Mengutip kata-kata Soekarno, Hendri menambahkan, “Kata Soekarno, ‘Jas Merah, jangan lupakan sejarah’, dan karena pengurusan periode ini lebih banyak alumni muda Hendri mengutip kata ‘berikan 1000 orang tua akan cabut Semeru sampai ke akar, dan berikan 10 anak muda akan guncang dunia’. Pernyataan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus menghargai perjuangan para pendahulu dan memanfaatkan energi serta semangat generasi muda untuk menciptakan perubahan besar.”

Acara pengukuhan ini bukan hanya ajang silaturahmi bagi para alumni, tetapi juga wadah untuk merumuskan strategi dan program kerja yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kepulauan Riau. IKA UNAND Kepri yang memiliki lebih dari 5000 alumni yang tersebar di seluruh penjuru wilayah ini, berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, ekonomi, dan sosial.

Ketua Umum DPP IKA UNAND Dr.apt.Rustian, S.Si., M.Kes dan Sekjend Prof. Reni Mayerni mengatakan Optimis terhadap Ika Unand kepri mampu untuk menjalankan program yang sudah dicanangkan, sehingga Ika Unand Kepri hadir untuk memberikan solusi terhadap kemajuan kepri kedepan, ujar nya ke awak media.

Universitas Andalas, sebagai universitas tertua di luar Pulau Jawa dan salah satu dari 10 kampus terbaik di Indonesia, memiliki reputasi yang kuat dalam mencetak lulusan berkualitas. Dengan jaringan alumni yang luas dan solid, IKA UNAND Kepri diharapkan dapat menjadi motor penggerak perubahan dan pembangunan di Kepulauan Riau.

Kehadiran tokoh-tokoh penting dalam acara ini, seperti Kapolda dan perwakilan dari berbagai instansi, menunjukkan besarnya dukungan dan harapan terhadap kiprah IKA UNAND Kepri. Kolaborasi antara alumni dan berbagai pihak ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam menciptakan program-program inovatif yang mampu menjawab tantangan zaman.

Dengan semangat baru dan komitmen yang kuat, IKA UNAND Kepulauan Riau siap melangkah maju, membawa perubahan, dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah. Pengukuhan ini menandai awal dari perjalanan panjang yang penuh dengan harapan dan tantangan, namun dengan tekad dan kerja keras, cita-cita besar tersebut diyakini dapat tercapai.

Pengukuhan IKA Unand Kepri juga mengadakan Talkshow dengan Tema ” Kepri Masa Depan, dengan Narasumber: Dr. apt. Rustian, S.Si., M.Kes Sekretaris Utama BPNB RI, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P, Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, perwakilan Kapolda Kepri dr. Haris, Kadisnaker Kota Batam, dan Ketua Stikom Muhammadiyah Batam.

Acara ini ditutup dengan Penjabaran 8 Program Unggulan serta planning IKA Unand 4 tahun sampai 2027 oleh Hendri, S.Si., M.E Ketua Ika Unand Kepri. (Red)