Google Luncurkan Beasiswa AI untuk 10.000 Pelajar Melalui Program Digital Talent Scholarship

Mimbarjurnalis.com, Jakarta – Google baru saja mengumumkan beasiswa pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk 10.000 pelajar. Beasiswa ini tersedia melalui Sertifikat Google Karier (Google Career Certificates), yang bekerja sama dengan program Digital Talent Scholarship dari Kemenkominfo dan Telkom Indonesia.

Akses ke pelatihan AI dianggap sangat penting untuk membekali tenaga kerja dengan keterampilan yang diperlukan untuk meraih sukses di era AI. “Program komprehensif ini mencakup pengajaran oleh para ahli, bimbingan personal, dan sertifikasi yang diakui industri,” ujar Putri Alam, Director Government Affairs and Public Policy Google Indonesia, dalam acara Google AI untuk Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Program Sertifikat Google Karier ini terbuka untuk semua pelajar tanpa memerlukan pengalaman sebelumnya, memungkinkan peserta belajar sesuai jadwal masing-masing. Meski demikian, syarat khusus untuk penerima beasiswa belum diumumkan secara rinci. Saat ini, diketahui bahwa beasiswa ini ditujukan bagi pelajar.

Pendaftaran beasiswa ini dapat diakses melalui website Digital Talent Scholarship untuk kerja sama dengan Kominfo, dan untuk kerja sama dengan Telkom Indonesia, beasiswa ini tersedia khusus bagi pegawai Telkom.

Selain itu, Google juga mengumumkan AI Opportunity Fund: Asia-Pacific senilai US$15 juta (Rp 243 miliar) yang didukung oleh Google.org. Dana ini akan diinvestasikan untuk pengembangan keterampilan utama di bidang AI, khususnya bagi komunitas yang kurang terlayani di seluruh kawasan.

“Bekerja sama dengan jaringan investor sosial Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) dan didukung oleh Asian Development Bank, dana ini akan mengundang proposal dari organisasi dampak sosial yang dapat membantu kami menjangkau mereka yang paling membutuhkan pelatihan AI,” jelas Putri Alam. Organisasi yang terpilih akan menerima dukungan AI dalam bahasa lokal serta hibah tunai untuk mengatasi hambatan belajar seperti akses ke sumber daya pendidikan.

Cara Daftar Beasiswa AI Google

Untuk mengikuti beasiswa Google melalui program Digital Talent Scholarship Kominfo, ikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi website digitalent.kominfo.go.id atau langsung klik link berikut.
  2. Pilih pelatihan yang diminati.
  3. Klik tombol “Daftar Sekarang” pada halaman detail pelatihan.
  4. Lengkapi form pendaftaran dengan benar.
  5. Baca ketentuan pelatihan dan centang pernyataan persetujuan.
  6. Klik tombol “Submit Pendaftaran”.

Syarat Beasiswa AI Google

Berdasarkan informasi di website resmi, syarat peserta pelatihan Digital Talent Scholarship bervariasi tergantung program pelatihan. Namun, informasi yang harus disertakan mencakup:

  • Email aktif
  • Nama lengkap sesuai KTP
  • NIK
  • Nomor HP aktif
  • Data pribadi lengkap sesuai form pendaftaran

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mengasah keterampilan AI Anda dan berkontribusi dalam kemajuan teknologi masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *