5 Manfaat Buah Singkong yang Harus Kamu Ketahui!

Mimbarjurnalis.com – Kandungan nutrisi yang terkandung dalam singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, contohnya seperti protein, natrium, kalium, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi. Selain mengandung banyak manfaat dan kaya akan nutrisi, singkong juga mempunyai rasa yang lezat. Tak heran salah satu jenis umbi ini kerap dijadikan sebagai bahan berbagai jenis makanan seperti keripik, comro, misro, kue dan berbagai jenis makanan lainnya.

Berikut beberapa manfaat singkong untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi singkong adalah salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi.  Kalium yang terkandung dalam singkong mampu menurunkan tingkat tekanan darah dan dapat membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Singkong mengandung flavonoid dan kaya akan serat yang mampu mengontrol kadar gula darah.  Sehingga singkong kerap kali dijadikan makanan pokok bagi penderita diabetes untuk menggantikan nasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Meski mengandung banyak nutrisi, singkong termasuk makanan dengan kadar kalori rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi singkong secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda. Selain itu, Serat dalam singkong juga berdampak positif pada mikrobioma usus, meningkatkan perasaan kenyang.

4. Mempercepat Penyembuah Luka

Singkong merupakan tanaman yang kaya akan vitamin C. Perlu Anda ketahui, vitamin C adalah prekursor penting untuk kolagen, komponen struktural dalam jaringan kulit.  Artinya, mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari makanan dapat mendukung kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri alias mempercepat penyembuhan luka.

5. Mencegah Malnutrisi

Seperti yang sudah dikatakan di atas singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Alhasil, mengkonsumsi singkong secara rutin dapat mencegah malnutrisi atau tubuh kekurangan nutrisi. Oleh karena itu tidak heran singkong kerap dijadikan makanan pokok di beberapa daerah.